Mobil Anda Sudah Tua? Waspadai Aneka Penyakitnya! - Ide Nasional

Breaking

Thursday, February 28, 2019

Mobil Anda Sudah Tua? Waspadai Aneka Penyakitnya!

Memiliki mobil tua adalah suatu kebanggan tersendiri bagi beberapa orang. Mobil tua dinilai memiliki kesan klasik yang membuatnya banyak diburu. Bukan itu saja, beberapa orang memang memilih membeli mobil tua second yang dinilai lebih murah. Tetapi hal ini tidak serta merta selesai. Anda harus merawatnya agar tetap terjaga keunikan dan kecantikannya.

Tidak perlu yang berusia lebih dari setengah abad. Mobil yang berusia 10 tahun ke atas saja sudah dipastikan akan menderita beberapa penyakit yang bisa bikin pusing. Bahkan bukan tidak mungin akan menghadapi kerusakan yang serius. Berikut ini adalah beberapa penyakit moil tua yang sering terjadi.

Kegagalan Sistem Pendingin Mesin

Hal yang satu ini bisa dibilang paling sering dialami oleh mobil tua. Terutama jika digunakan untuk menempuh perjalanan jauh. Tentu hal ini didukung faktor-faktor masalah lain seperti water pump, thermostat, timing belt, dan radiator. Yang perlu Anda waspadai agar penyakit ini terdeteksi lebih awal adalah dengan memeriksanya dengan teliti saat parkir. Jika Anda menjumpai tetesan air di bawah mesin, ini bisa menjadi indikasi awal adanya kebocoran.

Ban yang Renta

Kondisi berikutnya yang sangat sering pada mobil tua adalah ban. Ban pada mobil tua harus sering diperhatikan, apalagi jika akan digunakan untuk perjalanan jauh. Ban robek, tipis, atau bahkn meledak bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Maka dari itu, disarankan untuk membawa ban cadangan dan melakukan pengecekan sesering mungkin.

Gangguan Elektrik

Penyakit mobil tua berikutnya adalah gangguan pada sistem elektrik. Kabel-kabel mobil biasanya sudah tidak dalam konidisi bagus dan rentan mogok di tengah jalan. Anda perlu melakukan pemeriksaan yang rutin agar setiap perjalanan Anda tidak terganggu.

Bunyi pada Kaki-kaki Mobil

Mungkin Anda yang punya koleksi mobil tua sudah tidak asing dengan bunyi-bunyi yang muncul pada daerah kaki mobil. Ada baiknya Anda selalu mengecek posisi kaki-kaki tersebut apakah bergeser atau ada masalah lain. Bahkan bukan tidak mungkin Anda harus mengganti beberapa spare part jika penyakit ini muncul. Ini bisa menjadi dilema karena beberapa merk menjual spare part nya dengan harga yang mahal, bahkan untuk ukuran mobil lama.

Penyumbatan Filter Udara

Penyakit ini muncul karena banyaknya kotoran yang menyumbat. Akibatnya sirkulasi udara tidak berjalan lancar, dan berpengaruh pada peforma mobil. Hal ini dikenal dengan istilah kcocking, kondisi dimana mobil menghasilkan sedikit tenaga.

Boros Bahan Bakar

Dari penyakit sirkulasi udara, penyakit berikutnya bisa merembet ke bahan bakar. Mobil yang menghasilkan sedikit tenaga tentu menjadi lambat. Hal ini yang memakan bahan bakar besar untuk perjalanan sehari-hari Anda.

Dari semua penyakit-penyakit mobil tua di atas, apakah Anda mengalami salah satunya? Hal ini tidak akan sesuai dengan Anda yang menginginkan penggunaan mobil dalam jangka panjang. Niat awal yang ingin menghemat pengeluaran dengan membeli mobil bekas, bisa jadi menjadi lebih boros.

mobil

mobil-tua,mobil-tua-manual,mobil-tua-matic,penyakit-mobil-tua

mobil-tua,mobil-tua-manual,mobil-tua-matic,penyakit-mobil-tua


Artikel yang berjudul “Mobil Anda Sudah Tua? Waspadai Aneka Penyakitnya!” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment