Mahfud MD: Jati Diri Dunia Pers Terancam Karena Banyak Berita Hoaks - Ide Nasional

Breaking

Saturday, February 9, 2019

Mahfud MD: Jati Diri Dunia Pers Terancam Karena Banyak Berita Hoaks

Hari Pers Nasional (HPN) setiap tahunnya diperingati setiap tanggal 9 Februari. Tahun ini, puncak HPN diselenggarakan di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, dan dihadiri langsung Presiden Joko Widodo atau Jokowi. 

Presiden Jokowi mengucapkan selamat kepada insan media yang tetap dipercaya masyarakat sebagai penyampai informasi faktual dibanding media sosial.

Jokowi mengutip hasil penelitian Edelman Trust Barometer 2018 bahwa di tahun 2016, tingkat kepercayaan masyarakat kepada media konvensional sebesar 59 persen dibanding 45 persen media sosial. Lalu di 2017 58 persen dibanding 42 persen, dan 2018 sebesar 63 persen dibanding 40 persen.

“Semakin ke sini masyarakat semakin tidak percaya pada media sosial. Saya sangat bergembira, selamat kepada insan pers atas kepercayaan masyarakat yang terus meningkat,” katanya dalam sambutan puncak peringatan Hari Pers Nasional 2019 di Grand City Surabaya, Sabtu (9/2/2019).

Presiden mengatakan, era digital yang diikuti perkembangan masif media sosial, membuat masyarakat disajikan berlimpahnya infromasi. Setiap orang bisa menjadi wartawan bahkan pemred. Kadang juga menebar kegaduhan, ketakutan dan rasa pesimisme.

“Di era seperti ini, justru media arus utama dibutuhkan sebagai rumah penjernih informasi, dibutuhkan untuk menyajikan informasi terverifikasi, dibutuhkan untuk menjalankan peran sebagai communication of hoax, dan dibutuhkan untuk bisa memberikan harapan-harapan besar untuk bangsa Indonesia,” ujarnya.


Artikel yang berjudul “Mahfud MD: Jati Diri Dunia Pers Terancam Karena Banyak Berita Hoaks” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment