Jokowi Lantik Gubernur dan Wakil Gubernur Riau di Istana Negara - Ide Nasional

Breaking

Tuesday, February 19, 2019

Jokowi Lantik Gubernur dan Wakil Gubernur Riau di Istana Negara

Ide Nasional, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Syamsuar-Edy Natar Nasution sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Riau periode 2019-2024. Pelantikan dilakukan di Istana Negara Jakarta, Rabu (20/2/2019) pagi.

Prosesi pelantikan diawali dengan penyerahan petikan Keputusan Presiden (Keppres) tentang pelantikan gubernur dan wakil gubernur di Istana Merdeka. Pasukan kirab yang merupakan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) ini bergerak dari Istana Merdeka menuju Istana Negara.

Syamsuar-Edy Natar kemudian disumpah untuk menjalankan jabatan sebaik-baiknya di daerahnya masing-masing. Jokowi meminta para gubernur dan wakil gubernur untuk mengikuti ucapannya dan bersumpah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD Negara RI tahun 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa,” ucap kedua Gubernur dan Wagub mengikuti ucapan Jokowi di Istana Negara Jakarta.

Pelantikan Syamsuar-Edy Natar sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur NTB berdasarkan Keppres Nomor 20/P tahun 2019 tentang pengesahan dan pengangkatan Gubernur dan Wagub Riau masa jabatan tahun 2019-2024.

Usai membacakan sumpah jabatan, keduanya menandatangani berita acara pelantikan. Kemudian, dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat.

Hadir dalam pelantikan ini Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, serta menteri Kelautan dan Perikanan. Ada pula Ketua MPR sekaligus Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Sebelumnya, Gubernur Riau dijabat oleh Wan Thamrin. Dia menggantikan Arsyadjuli Andi Rachman yang memilih mundur dari jabatannya setelah kalah di Pilgub Riau dan memutuskan maju menjadi caleg di Pileg 2019.

Pasangan Syamsuar-Edy Natar berhasil memenangi Pilkada Riau dengan meraih 799.289 suara. Pasangan yang diusung Partai PAN, PKS, dan NasDem ini unggul di 9 kabupaten dan kota.


Artikel yang berjudul “Jokowi Lantik Gubernur dan Wakil Gubernur Riau di Istana Negara” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment