Inilah Perbedaan Helm MotoGP dan Helm F1 yang Belum Banyak Diketahui! - Ide Nasional

Breaking

Saturday, February 23, 2019

Inilah Perbedaan Helm MotoGP dan Helm F1 yang Belum Banyak Diketahui!

Ajang balap motor dan mobil terbesar, MotoGP dan F1 merupakan ajang balap paling bergengsi di dunia. Selain perbedaan dari kendaraan yang digunakan dalam perlombaan, perbedaan lain adalah helmnya.

Helm merupakan salah satu komponen penting yang menunjang keselamatan bagi para pembalap. Meskipun sama-sama memiliki fungsi melindungi si pembalap, namun helm MotoGP tidak bisa dibedakan helm F1 karena standar yang digunakan memang berbeda.

Pada helm F1, helm yang digunakan jauh lebih tebal dibandingkan dengan helm pada ajang balap MotoGP. Hal ini dikarenakan benturan yang biasanya didapatkan oleh pembalap F1 jauh lebih keras dibandingkan dengan pembalap MotoGP.

Perbedaan lain dari kedua helm balap ini adalah bidang visornya. Bidang visor pada helm F1 jauh lebih kecil dibandingkan dengan helm MotoGP. Hal ini dikarenakan terdapat penutup sebesar 50 mm yang terdapat pada helm F1.

Penutup tambahan yang disebut Zylon ini berfungsi untuk menambah keamanan bagi pembalap karena resiko pembalap F1 lebih besar dibandingkan pembalap MotoGP. Meskipun bidang visor lebih kecil, namun luas pandang pembalap tidak terganggu.

Perbedaan lain dari helm MotoGP dan helm F1 adalah adanya HANS atau Head and Neck Support yang membantu untuk menahan guncangan sehingga kepala pembalap tetap lebih nyaman.

Pada helm MotoGP juga dikenal dengan spoiler yang berfungsi untuk menunjang aerodinamika. Spoiler ini sangat berguna karena dapat memudahkan angin melewati helm. Tekanan angin pada helm dapat membuat helm terasa sangat berat dan menarik kepala pembalap le belakang, namun dengan spoiler, angin akan terbelah sehingga helm lebih nyaman digunakan.

Maka dari itu, sebelum digunakan, helm MotoGP biasanya diuji coba terlebih dahulu dalam Wind Tunnel. Helm akan diberi tekanan angin untuk mengetahui nilai yang tepat. Semakin kecil nilainya, semakin baik pula helm tersebut.

Sedangkan persamaan dari helm F1 dan helm MotoGP adalah perlindungan anti apinya. Ajang balap F1 dan MotoGP memang memiliki resiko pembalap mengalami kebakaran akibat tabrakan atau hal lain sehingga helm yang digunakan dirancang dengan begitu aman dengan perlindungan anti api.

Kedua helm ini memang berperan penting dalam menunjang performa dan melindungi pembalap sehingga bukan hanya sekedar penampilan saja, tapi lebih diutamakan manfaatnya sehingga berbagai uji coba akan dilakukan sebelum helm sampai di kepala pembalap.

fun-facts

mobil,motogp

mobil,motogp


Artikel yang berjudul “Inilah Perbedaan Helm MotoGP dan Helm F1 yang Belum Banyak Diketahui!” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment