Inilah Ciri-Ciri Islam Progresif yang Belum Banyak Diketahui! - Ide Nasional

Breaking

Tuesday, February 19, 2019

Inilah Ciri-Ciri Islam Progresif yang Belum Banyak Diketahui!

Islam adalah agama mayoritas di Indonesia. Membahas perkembangan Islam di Nusantara ini memang tidak ada habisnya. Bahkan kini mulai sering terdengar istilah Islam progresif. Namun apa sebenarnya Islam progresif ini?

Islam progresif muncul dari sebuah pemikiran mengenai Islam yang lebih maju dan lebih modern. Menurut Omid Safi, Islam progresif sendiri lahir dari negara mayoritas Muslim yang menyelesaikan masalah-masalah dengan menggerakkan massa atas nama Islam sehingga terjadi banyak kesalahpahaman yang seharusnya tidak terjadi.

Adapun beberapa ciri-ciri Islam progresif yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

1. Berpikir mengikuti perkembangan jaman

Tidak seperti Islam pada umumnya, Islam progresif mengedepankan kemajuan peradaban dan jaman dibandingkan dengan mengikuti apa yang telah dilakukan oleh Islam terdahulu. Menurut para penganut Islam progresif, Islam yang lama terlalu kaku dan tidak sesuai dengan perkembangan jaman sehingga perlu dilakukan perubahan yang tetap sesuai dengan ajaran Islam.

2. Mendukung kesetaraan gender

Ciri unik lainnya dari Islam progresif adalah adanya rasa keadilan yang terlalu tinggi sehingg berusaha untuk selalu mendukung kesetaraan gender. Mereka yang menganut Islam progresif biasanya juga mendukung feminisme sebagai bentuk keadilan. Namun sayangnya tindakan ini bertentangan dengan Islam.

Islam telah mengangkat derajat wanita dengan mengistimewakannya, namun tidak untuk disetarakan dengan laki-laki. Beberapa pendukung Islam progresif mendukung kebebasan dalam berpakaian sesuai fashion, namun tidak dengan Islam yang sesungguhnya dimana wanita tetap tidak boleh tabarruj.

Allah berfirman, 

وَلاَ يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ إلا لِبُعُوْلَتِهِنَّ أو آبائِهِنَّ

“Dan janganlah mereka (wanita-wanita yang beriman) menampakkan perhiasan mereka kecuali kepada suami-suami mereka, atau bapak-bapak mereka…” [an-Nuur/24: 31].

3. Kritis dalam berbagai ketidakadilan

Islam progresif juga jauh lebih aktif dalam menyuarakan ketidakadilan yang terjadi di lingkungan mereka. Islam progresif akan dengan lantang mengemukakan ketidakadilan baik melalui perkataan atau perbuatan. Mereka cenderung tidak takut untuk menjadi berbeda karena merasa bahwa setiap ketidakadilan harus diberantas.

4. Teguh memegang prinsip Islam namun kritis ketika ada perubahan

Islam progresif bisa dikatakan sebagai Islam yang masih cenderung plin plan. Hal ini dikarenakan para pemegang prinsip Islam progresif adalah mereka yang mengaku menganut prinsip-prinsip Islam.

Namun sayangnya, ketika terdapat perubahan yang bersifat modern, mereka juga cenderung kritis terhadap ajaran Islam itu sendiri sehingga seolah prinsip yang dipegang teguh selama ini tidak mempunyai peranan apapun.

Itulah ciri-ciri Islam progresif yang perlu diketahui. Meskipun saat ini banyak berkembang aliran Islam yang beraneka ragam, namun hendaknya semua kita kembalikan pada Al-Quran dan hadits.

islam

aliran

aliran


Artikel yang berjudul “Inilah Ciri-Ciri Islam Progresif yang Belum Banyak Diketahui!” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment