Inilah 5 Ciri-Ciri Orang Beragama yang Sehat! - Ide Nasional

Breaking

Wednesday, February 20, 2019

Inilah 5 Ciri-Ciri Orang Beragama yang Sehat!

Agama adalah pedoman bagi kehidupan manusia agar hidup menjadi lebih teratur. Namun semua itu juga bergantung pada bagaimana agama itu mempengaruhi kehidupan seseorang dan bagaimana orang tersebut beragama dengan sehat. Untuk lebih memahaminya, berikut ini adalah 5 ciri-ciri beragama yang sehat:

1. Selalu merasa tenang

Agama seharusnya mampu memberikan ketenangan dan kedamaian pada pengikutnya. Seseorang yang telah melaksanakan perintah agama dengan baik dan benar akan mempunyai ketenangan dalam jiwanya.

Hal ini sesuai dengan firman Allah, “Dan jika mereka condong kepada perdamaian, maka condonglah kepadanya dan bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. “ (QS Al Anfal : 61)

2. Jauh dari perbuatan dan perkataan buruk

Agama juga mengajarkan untuk menjauhi segala macam perbuatan dan perkataan yang buruk. Maka orang yang beragama sehat tentunya akan mempunyai akhlak yang baik. Ia akan menjauhkan dirinya dari berbagai macam perbuatan buruk. Allah berfirman,

وَاتَّقُواْ فِتْنَةً لاَّ تُصِيبَنَّ الَّذِينَ ظَلَمُواْ مِنكُمْ خَآصَّةً وَاعْلَمُواْ أَنَّ اللّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

“Dan peliharalah dirimu dari pada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya.” (QS. al-Anfaal [8]:25)

3. Bersikap simpati

Seseorang  yang beragama sehat juga akan mempunyai sikap yang simpati kepada sesamanya. Agama mengajarkan untuk selalu empati dan peduli pada mereka yang membutuhkan. Salah satu bentuk simpati adalah dengan memberikan sedekah kepada mereka yang mampu. Mereka yang beragama dengan baik akan dengan ringannya memberikan sedikit rejeki mereka bagi yang membutuhkan.

Rasul bersabda,

أنفقي أَوِ انْفَحِي ، أَوْ انْضَحِي ، وَلاَ تُحصي فَيُحْصِي اللهُ عَلَيْكِ ، وَلاَ تُوعي فَيُوعي اللهُ عَلَيْكِ

“Infaqkanlah hartamu. Janganlah engkau menghitung-hitungnya (menyimpan tanpa mau mensedekahkan). Jika tidak, maka Allah akan menghilangkan barokah rizki tersebut[1]. Janganlah menghalangi anugerah Allah untukmu. Jika tidak, maka Allah akan menahan anugerah dan kemurahan untukmu.” (HR. Bukhari no. 1433 dan Muslim no. 1029, 88)

4. Bisa dipercaya

Seorang yang beragama dengan baik juga memiliki kejujuran sesuai dengan ajaran agama. Ia akan lebih amanah atau bisa dipercaya. Setiap orang mempercayakannya untuk memikul satu tanggung jawab, maka ia akan dengan sepenuh hati melaksanakan amanah tersebut.

Allah SWT berfirman,

إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَن تُؤَدُّوا الْأَمَانَاتِ إِلَىٰ أَهْلِهَا وَإِذَا حَكَمْتُم بَيْنَ النَّاسِ أَن تَحْكُمُوا بِالْعَدْلِ ۚ إِنَّ اللَّهَ نِعِمَّا يَعِظُكُم بِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ سَمِيعًا بَصِيرًا﴿٥٨﴾

“Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanah kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha mendengar lagi Maha Melihat.” (QS. An-Nisa’: 58)

5. Bijak

Seorang yang beragama dengan sehat adalah orang yang bijak dan cerdas. Mereka mengetahui dengan baik apa yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan. Mereka juga akan selalu menjadi tempat bertanya bagi banyak orang.

كَمَا اَرْسَلْنَا فِيْكُمْ رَسُوْلًا مِنْكُمْ يَتْلُو عَلَيْكُمْ ايتِنَا وَيُزَكِّيْكُمْ وَيُعَلِّمُكُمُ الْكِتبَ وَالْحِكْمَةَ وَيُعَلِّمُكُمْ مَالَمْ تَكُوْنُوْا تَعْلَمُوْنَ ]البقرة:151[

“Sebagaimana Kami telah mengutus seorang Rasul di antara kamu supaya membacakan ayat-ayat Kami, mensucikanmu dan mengajarkanmu al-kitab dan kebijaksanaan (al-hikmah) dan mengajarkanmu apa-apa yang belum kamu ketahui.” (QS: al-Baqarah; 151).

Itulah 5 ciri-ciri beragama yang sehat yang perlu diketahui. Sungguh setiap orang yang beragama akan menjadi pribadi yang baik dan benar jika teguh dalam memegang prinsip agama.

kepercayaan-lainnya

islam,kepercayaan

islam,kepercayaan


Artikel yang berjudul “Inilah 5 Ciri-Ciri Orang Beragama yang Sehat!” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment