Inilah 10 Jajanan Legendaris Bandung yang Wajib Kamu Cicipi! - Ide Nasional

Breaking

Wednesday, February 20, 2019

Inilah 10 Jajanan Legendaris Bandung yang Wajib Kamu Cicipi!

Bandung memang selalu memiliki koleksi kuliner yang sangat lezat. Bukan hanya sekedar makanan yang kekinian saja, tapi juga jajanan legendaris yang masih eksis hingga sekarang. Bagi kamu yang ingin singgah di Bandung, jangan lupa mencicipi jajanan legendaris seperti di bawah ini:

1. Kue balok

Sama seperti namanya, kue balok memiliki bentuk seperti balok segiempat. Kue yang terbuat dari tepung terigu, telur, gula, dan mentega ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Kue balok telah dikenal luas sebagai jajanan Bandung sejak tahun 1950-an.

2. Kue carabikang

Kue yang berbentuk seperti bunga dan berwarna-warni ini memiliki rasa yang manis. Kue carabikang dibuat dari campuran tepung beras, tepung terigu, telur, santan, dan gula. Bentuknya yang indah membuat kue ini sangat menarik untuk dinikmati.

3. Kue putu pisang

Jajanan yang masih eksis selanjutnya adalah kue putu pisang. Kue putu pisang adalah kue yang dibuat dari tepung ketan, pisang dan tepung beras. Rasa kue ini manis dan gurih. Campuran kelapa parut di dalamnya semakin menambah kenikmatan kue yang legend ini.

4. Surabi

Siapa yang tak kenal dengan kue yang menjadi ikon jajanan tradisional dari Bandung ini? Surabi Bandung memang tidak ada matinya, bahkan kini telah banyak pedagang surabi yang semakin menambah variasi dalam pembuatan surabi yang super nikmat ini.

5. Cimol

Jajanan yang masih banyak dijajakan di sekolah-sekolah ini dibuat dari tepung kanji yang dibentuk bulat-bulat. Taburan bumbu bawang yang pedas dan gurih semakin menambah kenikmatan si kecil bulat ini.

6. Basreng

Basreng adalah cemilan khas Sunda yang dibuat dari irisan bakso yang digoreng. Basreng biasanya disajikan dengan tambahan bumbu yang super pedas. Cemilan ini semakin eksis berkat banyaknya online shop yang menjualnya.

7. Tahu gejrot

Jajanan yang satu ini juga dapat ditemukan dengan mudah dimana-mana. Tahu gejrot adalah tahu goreng yang disajikan dengan siraman bumbu yang pedas.

8. Roti bakar gempol

Roti bakar gempol masih menjadi salah satu jajanan tradisional yang paling banyak peminatnya. Roti bakar gempol adalah roti tawar yang dibakar dengan isian yang bervariasi, mulai dari coklat hingga selai buah.

9. Batagor

Jajanan tradisional asal Bandung yang juga sangat terkenal adalah batagor. Batagor alias bakso tahu goreng adalah bakso yang dimasukkan ke dalam tahu lalu digoreng dan disajikan dengan siraman bumbu kacang.

10. Sate jando

Istilah jando disini bukanlah janda, melainkan bagian tulang rawan sapi yang empuk. Bagian sapi yang empuk inilah yang dijadikan sebagai bahan utama sate jando. Sate jando memiliki rasa yang unik karena dibuat dari tulang rawan sapi sehingga berbeda dibandingkan sate lainnya.

Itulah 10 jajanan tradisional Bandung yang masih eksis hingga saat ini. Sebagai kaum milenial, hendaknya kita ikut melestarikan kekayaan kuliner yang tak ternilai harganya ini dengan memperkenalkannya ke seluruh dunia.

kuliner

sunda

sunda


Artikel yang berjudul “Inilah 10 Jajanan Legendaris Bandung yang Wajib Kamu Cicipi!” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment