Gerakan Peningkatan Pangan Lokal Kementan Dinilai Positif Bagi Daerah - Ide Nasional

Breaking

Monday, February 25, 2019

Gerakan Peningkatan Pangan Lokal Kementan Dinilai Positif Bagi Daerah

Ide Nasional, Jakarta – Kementerian Pertanian (Kementan) dinilai telah cukup serius bekerja guna meningkatkan produktivitas pangan berbasis potensi lokal atau kedaerahan.

Keseriusan dan fokus Kementan, khususnya di bawah kepemimpinan Menteri Pertanian Amran Sulaiman, diharapkan dapat terus ditingkatkan lagi.

“Program gerakan peningkatan pangan lokal yang dikerjakan Kementan semoga terus dilakukan. Sebab dampaknya juga positif kepada daerah,” ujar Wakil Ketua Komite II DPD RI Charles Simaremare, Senin (25/2/2019).

Menurut Charles, berdasarkan informasi yang diterimanya, beberapa petani di daerah telah dikawal Kementan supaya dapat memproduksi pangan berbasis lokal yang berkualitas.

“Jadi nanti ke depannya supaya nggak ada lagi ketergantungan terhadap komoditas di luar daerahnya, apa lagi sampai dari impor,” ucap Charles.

Charles mengatakan, Indonesia memamg perlu memikirkan kembali upaya memenuhi kebutuhan pangan di daerah berbasis sumber daya pertanian lokalnya.

“Nah Kementan kini sepertinya sudah kembali menekan hal tadi. Supaya masyarakat daerah bertumpu kepada produk pangan lokalnya, bukan bergantung ke yang lain,” kata Charles.

Charles mengimbau, gerakan peningkatan produktivitas pangan lokal yang selama ini telah cukup bagus dilakukan Kementan, patut juga bersinergi dengan pemerintah daerah. Sehingga mulai dari tingkat pengembangan produksinya, jaminan harga serta distribusi pangan lokal dapat menyasar yang tepat sebab adanya keterlibatan ‘tuan rumah’.

 


Artikel yang berjudul “Gerakan Peningkatan Pangan Lokal Kementan Dinilai Positif Bagi Daerah” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment