Gempa 5,0 SR Lebih Guncang Talaud: Adakah Potensi Tsunami? - Ide Nasional

Breaking

Tuesday, February 26, 2019

Gempa 5,0 SR Lebih Guncang Talaud: Adakah Potensi Tsunami?

Pagi ini, Rabu tanggal 27 Februari 2019 tepatnya sekitar pukul 7 pagi warga Talaud dikejutkan dengan gempa berkekuatan Magnito 5,1. Kabar ini sontak menjadi berita hot yang langsung banyak diperbincangkan di media sosial. Bencana adalah salah satu hal yang paling ditakuti oleh manusia. Selain karena bisa merusak pemukiman warga, tentu yang paling menakutkan adalah hilangnya nyawa. Seperti halnya yang terjadi pada warga Talaud.

Keterangan resmi sudah dilansir oleh Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) melalui akun twitter @infoBMKG. Dalam cuitannya, BMKG memberikan infomasi bahwa gempa terjadi pada koordinat 5.15 Lintang Utara (LU), dan 127,20 Bujur Timur (BT). Selanjutnya, BMKG menambahkan bahwa pusat gempa berada di 134 kilometer Timur Laut Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, dengan kedalaman 122 km.

Menurut keterangan warga sekitar, gempa terasa tepat pada pukul 07.11. Yang cukup melegakan, gempa berkekuatan magnitudo 5,1 ini dinyatakan tidak berpotensi tsunami. Akan tetapi warga tetap waspada kemungkinan adanya gempa susulan yang lebih besar. Tercatat sebelumnya pada tanggal 19 Februari lalu juga terjadi gempa berkekuatan sama di 174 km Timur Laut Kepualauan Talaud dengan kedalaman 62 km. Meski gempa tersebut juga tidak berpotensi tsunami.

Namun, menurut Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Geofisika Manado, Edward Henry mengungkapkan bahwa gempa yang terjadi pagi tadi masih tergolong gempa menengah yang disebabkan oleh aktivitas subduksi lempeng laut Filipina. Lebih tepatnya akibat deformasi batuan dan gerakan dari struktur thrust fault (sesar naik). Bahkan menurut keterangan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Talaud, beberapa kecamatan sama sekali tidak merasakan gempa seperti Kecamatan Melonguane dan sekitarnya.

Jika diamati lebih seksama, Kepualauan Talaud setidaknya mengalami gempa 3 kali dalam setahun terakhir ini. Salah satu berita hot yang tercatat adalah pernyataan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Dimana menyatakan bahwa sejak tahun 2016, 86.759 jiwa di Kepulauan Talaud sangat beresiko tinggi terhadap bencana, khususnya gempa bumi. Sementara, kerugian yang diderita diperkirakan bisa mencapai 164,53 hingga 931,23 miliar rupiah.

Belum lama ini, tepatnya akhir tahun lalu (29/12/2018), Kepualauan Talaud juga diguncang gempa 7,1 skala richter. Goncangannya bahkan bisa dirasakan hingga Morotai, Ternate, Jaijolo, dan Manado. Hal ini mungkin menjadi momok bagi warga, karena dalam kurum waktu 2 bulan sudah terjadi gempa sebanyak 3 kali di area yang sama.

Indonesia akhir-akhir ini memang dipenuhi dengan berita hot seputar gempa bumi, khususnya di Pulau Sulawesi. Mengingat kerawanan yang terjadi di Kepulauan Talaud akhir-akhir ini, warga dihimbau untuk tetap tenang dan tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) menganjurkan sebaiknya warga tidak dekat-dekat area pesisir pantai.

Sumber : tribunnews.com

featured

gampa-bumi,gempa-sekitar-talaud,gempa-talaud

gampa-bumi,gempa-sekitar-talaud,gempa-talaud


Artikel yang berjudul “Gempa 5,0 SR Lebih Guncang Talaud: Adakah Potensi Tsunami?” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment