Bara di Muara Baru Jakarta - Ide Nasional

Breaking

Sunday, February 24, 2019

Bara di Muara Baru Jakarta

Ide Nasional, Jakarta Suasana Sabtu 23 Februari 2019, kawasan pelabuhan Muara Baru, Pejaringan, Jakarta Utara berubah mencekam. Tawa nelayan yang kala itu bercengkerama di pelabuhan mendadak menjadi pekik histeris. Angin laut mengembus panas dan bau material terbakar.

Sekitar pukul 15.19 WIB, Dinas Pemadam Kebakaran Provinsi Jakarta mendapatkan kabar terjadinya kebakaran kapal di Muara Baru. Petugas bergerak cepat. Belasan mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan si jago merah.

Kasudin Damkar Jakarta Utara Satriadi menyebut sempat terjadi ledakan saat kapal nelayan di Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara terbakar.

“Pukul 15.44 WIB terjadi ledakan dari objek,” ujar Satriadi saat dikonfirmasi, sabtu (23/2/2019).

Api yang diduga berasal dari kapal yang tengah diperbaiki, melumat kapal-kapal yang ada di sebelahnya. Api pun bertambah liar dan menjilati kapal-kapal lainnya.

Hingga pukul 20.30 WIB atau hampir enam jam saat peristiwa mulai terjadi, api belum berhasil dijinakkan. Petugas pemadam mencatat, sebanyak 18 kapal nelayan habis dilahap si jago merah.

Tidak hanya petugas pemadam kebakaran provinsi. Bantuan pemadaman pun dilakukan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubla Kemenhub), yang menyiagakan tiga unit kapal patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP).

Tiga kapal itu dikerahkan untuk membantu proses pemadaman kebakaran belasan kapal nelayan di Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara.

Namun, kapal patroli tersebut belum bisa mendekat lantaran area sekitar pelabuhan dipenuhi kapal yang menghindari kebakaran di Pelabuhan Muara Baru.

“Kapal-kapal tersebut standby di alur masuk pelabuhan dan belum bisa mendekat ke lokasi,” ujar Direktur KPLP Ahmad dalam keterangan persnya, Sabtu (23/2/2019).

Berjibaku petugas pemadam membuahkan hasil. Hampir 15 jam akhirnya api berhasil dijinakan. Komandan Peleton Grup C Kecamatan Penjaringan Sudin Gulkarmat Jakarta Utara, Buang Miharja mengatakan, pihaknya berhasil memadamkan api Minggu (24/2/2019) sekira pukul 05.00 WIB.

Meski api berhasil dipadamkan, namun proses pendinginan tetap dilakukan agar bara-bara kebakaran tidak menyulut kebakaran susulan.

Miharja mengatakan, beberapa petugas pemadam terpaksa dilarikan ke rumah sakit sepanjang proses pemadaman, Mereka antara lain karyawan dari PT KMC Risma (20) dan Maria (20). Selain itu ada Anggo Widardo (35), petugas pemadam kebakaran dari Penjaringan Jakarta Utara.

Anggo pingsan saat berupaya memadamkan api. Saat ini seluruh korban sedang dalam perawatan medis.

“Semua korban dibawa ke Rumah Sakit Atma Jaya. Mereka rawat jalan karena sesak napas,” ucap dia.

 


Artikel yang berjudul “Bara di Muara Baru Jakarta” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment