7 Penyebab Radiator Cepat Panas Yang Perlu Anda Ketahui - Ide Nasional

Breaking

Monday, February 25, 2019

7 Penyebab Radiator Cepat Panas Yang Perlu Anda Ketahui

Apakah Anda merasa mobil Anda tidak bertenaga, mesin menjadi lebih panas, atau sering mogok di tengah jalan? Apabila telah muncul tanda seperti ini, sebaiknya segera bawa mobil Anda ke Bengkel yang khusus menangani masalah radiator. Baik mobil tua maupun mobil baru, tidak menutup kemungkinan dapat terkena masalah seperti ini.

Jika Anda tidak benar-benar memperhatikan dan merawat semua komponen yang ada di dalam mobil Anda.  Lalu apa saja sebenarnya penyebab radiator mobil cepat panas? Berikut ini 7 jawabannya untuk Anda agar masalah ini dapat diminimalisir.

Pemilihan Bahan Bakar yang Tidak Sesuai

Apakah anda berpikir Bahwa semua jenis bahan bakar mengandung jumlah oktan yang sesuai untuk kebutuhan mobil anda? jumlah oktan yang tidak sesuai dengan spesifikasi jenis kendaraan  dapat menyebabkan mobil knocking sehingga membuat mesin mobil cepat panas. Apabila digunakan dalam jangka panjang, dapat menyebabkan kerusakan pada  komponen mobil yang lain.

Cairan Radiator yang Tidak Sesuai

Gunakanlah cairan khusus untuk radiator. Jangan gunakan air biasa atau air sumur, karena dapat menyebabkan tumpukan logam dan mineral yang akan menjadi kerak sehingga bisa saja membuat selang radiator tersumbat.

Masalah Pada Kipas Pendingin

Suhu mobil yang terus meningkat biasanya terjadi karena putaran kipas yang lemah dan switching otomatis yang rusak sehingga tidak mampu berputar mendinginkan mesin mobil secara maksimal.

Komponen Thermostat yang Rusak

Thermostat adalah alat untuk mengukur suhu yang ditempatkan dalam mobil. Thermostat yang rusak dan perlu penggantian tentu tidak bisa memberikan akurasi suhu yang tepat sehingga temperatur mesin mobil terus meningkat

Penggunaan Oli yang Kurang Diperhatikan

Salah dalam memilih jenis oli dapat menyebabkan   mesin mobil panas atau overheating, volume oli yang cepat berkurang serta kinerja mesin yang tidak maksimal sehingga dapat menyebabkan komponen mobil yang lain cepat rusak. Selain itu, jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi oli. Apakah masih dalam batas maksimum dan gantilah oli minimal 5 Minggu sekali.

Selang Radiator yang Bermasalah

Selalu pastikan selang dan radiator dalam kondisi yang baik, seperti tidak bocor, tersumbat, atau berkerak. Radiator yang baik akan membuat performa mobil meningkat dan nyaman untuk dikendarai

Tidak Menggunakan Cairan Anti Karat Untuk Radiator

Cairan khusus ini berfungsi untuk meluruhkan karat-karat yang menempel pada radiator. Radiator yang kotor dapat menyebabkan sirkulasi udara yang kurang lancar sehingga membuat mesin mobil cepat panas.

Nah itulah tadi 7 penyebab radiator cepat panas yang sebaiknya perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat. Ingat selalu untuk melakukan pengecekan dan service rutin agar tidak sampai terjadi hal-hal yang buruk ketika berkendara. Terutama ketika Anda punya rencana untuk bepergian jauh lebih dari 10 km.

mobil

radiator-mendidih,radiator-mobil,radiator-panas

radiator-mendidih,radiator-mobil,radiator-panas


Artikel yang berjudul “7 Penyebab Radiator Cepat Panas Yang Perlu Anda Ketahui” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment