Ratusan Penderita Gangguan Kejiwaan di Bogor Dibuatkan E-KTP - Ide Nasional

Breaking

Tuesday, January 22, 2019

Ratusan Penderita Gangguan Kejiwaan di Bogor Dibuatkan E-KTP

Ide Nasional, Bogor – Pemerintah Kabupaten Bogor sedang gencar-gencarnya melakukan perekaman e-KTP. Terlebih menjelang pemilu, e-KTP merupakan instrumen utama untuk dapat menggunakan hak suara.

Mereka juga menyasar masyarakat yang mengalami gangguan kejiwaan.

Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Kabupaten Bogor, Dian Mulyadiansah menyebutkan, sejak April 2018 hingga saat ini, pihaknya telah merekam 175 orang yang mengalami gangguan kejiwaan.

“Dari jumlah itu, 125 orang di antaranya dalam pendampingan sosial pasca-perawatan, dan 50 orang lainnya yang telah mendapatkan Bantuan UEP dari Kementerian Sosial,” kata Dian, Bogor, Selasa 22 Januari 2019.

Pelayanan dengan sistem jemput bola ini, kata dia, akan terus dilakukan sampai seluruh orang yang mengalami gangguan kejiwaan mengantongi e-KTP. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, pada 2017 jumlah penderita gangguan jiwa mencapai 1.250 orang. Kemudian pada akhir 2018, jumlahnya meningkat menjadi 1.550 jiwa.

“Tapi kami hanya memfasilitasi perekaman e-KTP bagi ODGJ yang membutuhkan pendampingan, seperti keluarga kurang paham prosedur pelayanan bagi ODGJ atau ketidakpercayaan diri keluarga,” terang dia.

 


Artikel yang berjudul “Ratusan Penderita Gangguan Kejiwaan di Bogor Dibuatkan E-KTP” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment