Agenda Blusukan Presiden Joko Widodo di Garut - Ide Nasional

Breaking

Tuesday, January 22, 2019

Agenda Blusukan Presiden Joko Widodo di Garut

Kunjungan Presiden Joko Widodo, atau yang biasa kita kenal sebagai Presiden Jokowi, ke Garut pada hari Sabtu lalu (19/01/2019) bukan merupakan perkara kecil. Kunjungan beliau yang menunjukkan kepedulian nyata bapak presiden kita yang satu ini merupakan sebuah peristiwa yang patut diacungi jempol.

Masyarakat Garut pun tidak menyembunyikan antusiasmenya dalam menyambut Bapak Jokowi. Dengan tujuan memenuhi Gerakan Mengawal Musim Tanam Okmar 2018 / 2019, Presiden Jokowi menunjukkan dukungannya kepada Kementerian Badan Usaha Milik Negara atas acara tersebut dengan mengunjungi Garut.

Pada hari kedua dari kunjungan blusukan Bapak Jokowi, sawah menjadi destinasi utama. Sebuah program yang diadakan untuk menjamin kesejahteraan para petani khususnya. Dan demi memudahkan pergerakan pak Jokowi yang lincah, pakaiannya pun memudahkan presiden kita yang satu ini dalam kegiatan blusukan kali ini.

Beliau yang mengenakan pakaian dengan tema casual yang sederhana, meliputi sepatu sneaker, celana berbahan jeans dan kemeja putih, mengunjungi beberapa lokasi acara tersebut meliputi pamerannya dan sawah di sekitarnya.

Para Petani yang sedang bekerja keras menanam padi di bawah teriknya matahari pun mendapat kesempatan untuk bertemu dan berbincang langsung dengan beliau. Sembari berjongkok di sisi sawah, Presiden Joko Widodo mengamati para petani bekerja keras dan tindakan serta posenya tersebut pun diikuti oleh sejumlah pejabat dan pegawai negeri sipil lainnya di sekitar sawah yang sama.

Perbincangan dengan para petani terkait pun merupakan sebuah tahap alami setelah pengamatan selama kurang lebih 5 sampai dengan 6 menit tersebut.

Dalam perbincangan tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan secara langsung terkait dengan keuntungan para petani apabila memanfaatkan fasilitas dari Bank BUMN terdekat yang tentunya akan memudahkan kerja serta meringankan beban hidup para petani tersebut.

Beliau yang turun tangan sendiri dalam melakukan sosialisasi dan pendekatan demi keberhasilan program tersebut menunjukkan kepeduliannya.

Dari peninjauan dan pengamatan yang telah dilakukannya sebelum berbincang dengan para petani, beliau beserta dengan para pejabat yang mendampinginya dapat melihat bahwa kerja petani yang begitu keras dan susah yang tidak diimbangi dengan keuntungan atau profit yang memadai menyebabkan hidup mayoritas warga negara Indonesia yang berprofesi sebagai petani susah dan tidak berlebih bahkan berkekurangan.

Ketidakmampuan untuk memperoleh profit yang cukup dan besar tersebut menyebabkan ketidak mungkinan para petani tersebut untuk memperoleh modal yang cukup untuk kerjanya selanjutnya.

Menghadapi permasalahan utama yang dirasakan petani tersebut, Presiden Joko Widodo menganjurkan kepada para petani untuk memanfaatkan fasilitas pinjaman yang diberikan oleh Bank Badan Usaha Milik Negara yang ditujukan untuk mendorong dunia usaha para petani dengan bunga yang wajar dan tidak terlalu memberatkan atau memberikan beban yang sangat berat kepada para petani.

Adapun fasilitas pinjaman tersebut merupakan bagian dari program yang telah disebut di atas. Dengan adanya keberadaan fasilitas pinjaman tersebut, diharapkan meringankan beban para petani dan memberikan kesempatan para petani untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar di market sehingga tingkat kesejahteraan dan kemakmuran petani dengan keluarganya dapat meningkat.

Namun hal penting yang harus diingat ketika akan menggunakan fasilitas pinjaman tersebut telah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo kepada kelompok petani tersebut, bahwa bagaimanapun jenis dan tujuan adanya fasilitas pinjaman tersebut, perhitungan dan kalkulasi pribadi atas kemampuan dan dana yang dipinjam harus tetap menjadi pertimbangan utama sebelum memutuskan untuk menggunakan fasilitas tersebut.

Fasilitas pinjaman bukanlah hal yang akan secara ajaib mengubah nasib orang namun merupakan sebuah batu loncatan yang harus diimbangi kemampuan dan kerja keras serta hasil yang memadai.

featured,politik

jokowi,presiden

jokowi,presiden


Artikel yang berjudul “Agenda Blusukan Presiden Joko Widodo di Garut” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment