Kenapa Motivasi Hidup Sangat Penting? Ketahui Alasannya - Ide Nasional

Breaking

Monday, December 10, 2018

Kenapa Motivasi Hidup Sangat Penting? Ketahui Alasannya

images/datapribadi

Motivasi dapat dikatakan sebagai sesuatu yang dapat mendorong serta merangsang seseorang untuk melakukan sesuatu. Motivasi berkaitan erat dengan tujuan karena motivasi akan menimbulkan keinginan untuk mencapai tujuan tersebut. Dalam Bahasa inggris, kata motivasi berasal dari kata dasar motive.

Kata tersebut kemudian diserap ke dalam bahasa Melayu menjadi kata motif, yang berarti tujuan atau segala hal yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Motivasi dapat memberikan rangsangan yang dapat menggerakan seseorang sehingga memiliki kecenderungan melakukan sesuatu (Barton dan Martin, 2000:151).

Oleh karena itu, motivasi dapat diibaratkan sebagai bahan bakar yang nantinya dapat menggerakan atau menjalankan sebuah mesin untuk bekerja. Sehingga dapat dikatakan, jika seseorang hidup tanpa adanya motivasi akan memiliki kesulitan dalam mencapai tujuannya.

Seperti mesin yang tidak mampu bekerja tanpa adanya bahan bakar.
Akan tetapi, hal yang sering kali menjadi kendala yaitu cara untuk menemukan serta mempertahankan motivasi tersebut. Keadaan psikologis seseorang yang cenderung selalu fluktuatif serta adanya beberapa pengaruh dari lingkungan, menyebabkan seseorang mengalami penurunan motivasi diri.

Penurunan motivasi diri ini, ditandai dengan tidak adanya gairah untuk melakukan sesuatu, gelisah, dan bahkan patah semangat.
Ada dua faktor yang mempengaruhi naik turunnya motivasi sesorang. Dua faktor tersebut yaitu faktor internal dan eksternal (Elliot, 2000).

Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri seseorang yang muncul tanpa adanya paksaan dari pihak lain dan berkaitan erat dengan kondisi psikologis seseorang. Contoh dari faktor internal ini yaitu semangat dan optimisme.

Sedangkan, faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar seseorang yang dipengaruhi oleh peran pihak lain, misalnya dukungan, penghargaan, dan hukuman. Perpaduan antara kedua faktor
tersebut yang nantinya akan menghasilkan suatu perilaku yang disebut motivasi.

Perilaku terjadi karena adanya determinan-determinan tertentu, baik biologis maupun psikologis. Kemudian, kedua determinan tersebut menimbulkan suatu keadaan psikologis yang disebut kebutuhan. Adanya kebutuhan ini akan menghasilkan ketegangan (tention) yang mendorong seseorang untuk memenuhi kebutuhan tersebut (Diwan).

Mengetahui serta mengenali sesuatu yang dapat menumbuhkan motivasi dalam diri, merupakan hal yang sangat penting. Hal tersebut dikarenakan dengan adanya motivasi, seseorang dapat terdorong untuk melakukan sesuatu secara produktif. Serta dapat menumbuhkan semangat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Setiap orang memiliki tujuan atau target tertentu yang ingin dicapai. Serta, diikuti dengan motivasi yang berbeda-beda pula. Motivasi yang muncul untuk mencapai tujuan tersebut, muncul karena adanya alasan tertentu. Melalui alasan inilah, dapat di jadikan sebagai alat untuk menumbuhkan dan mempertahankan motivasi diri.

Misalnya, saat seseorang memiliki cita-cita untuk menjadi presiden. Motivasinya adalah untuk menyejahterakan rakyat. Sehingga, dapat diambil sebuah alasan dari motivasi tersebut, yaitu dikarenakan meningkatnya angka kemiskinan.

Melalui adanya alasan, seseorang dapat mengingatkan dirinya kembali tentang cita-citanya dan dapat memperbaharui motivasi yang sempat menurun dalam dirinya. Setelah alasan ditemukan, langkah selanjutnya untuk menumbuhkan motivasi diri yaitu dengan menetapkan tujuan yang akan dicapai.

Alasan berkaitan dengan adanya tujuan. Melalui adanya alasan inilah dapat ditetapkan tujuan yang akan dicapai. Menetapkan tujuan secara jelas merupakan hal yang sangat penting. Tanyakan kepada diri sendiri mengenai untuk apa atau untuk siapa kita melakukan sesuatu (Kontributor KuBisnis, 2016).

Melalui tujuan ini, kita dapat mengetahui dan mengingat dengan baik mengenai sesuatu yang sedang diperjuangkan.  Saat kita telah menetapkan tujuan yang akan dicapai, kita harus mengetahui jalan yang akan diambil untuk mencapai tujuan tersebut (Sardiman,2006).

Sebagai perumpamaan yaitu saat kita akan pergi ke suatu tempat,,maka kita harus mengetahui bus yang dapat mengantarkan kita menuju tempat tersebut. Mengetahui jalan yang akan diambil disini memiliki arti bahwa kita harus mengetahui sarana yang akan mengantarkan kita untuk mencapai tujuan tersebut.

Sebagai contoh yaitu saat seseorang akan memilih jurusan kuliah dan memiliki tujuan untuk dapat menulis dan menerbitkan novel, maka Jurusan Sastra Indonesia dapat menjadi salah satu sarana baginya untuk mencapai tujuannya.

Akan tetapi, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Indonesia Career Center Network (ICCN), menyatakan bahwa sebanyak 87 % Mahasiswa Indonesia memilih jurusan kuliah yang tidak sesuai dengan passion-nya. Hal tersebut diduga menjadi salah satu penyebab rendahnya motivasi belajar pada mahasiswa.

Memilih sarana yang sesuai dengan tujuan yang akan dicapai atau dapat dikatakan sesuai dengan passion, membuat kita akan selalu menikmati setiap proses yang dilalui tanpa adanya rasa terpaksa. Sehingga secara tidak langsung dapat menumbuhkan dan mempertahankan motivasi dalam diri kita.

Hal ini seperti yang dialami oleh seorang komedian terkenal, Jim Carey, yang lebih memilih untuk menjadi seorang komedian sebagai passion nya daripada mengikuti jejak ayahnya sebagai seorang akuntan.
Sesuatu yang sering menjadi pemasalahan yaitu mengenai cara agar motivasi ini tetap terjaga.

Sesuai dengan yang dikatakan sebelumnya bahwa kondisi psikologi seseorang yang cenderung fluktuatif dapat memungkinkan turunnya motivasi. Bersama dengan orang-orang yang memiliki tujuan hampir sama dapat menjadi salah satu cara agar motivasi diri tetap terjaga karena kita dapat bertukar pikiran serta mendukung satu sama lain untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Tidak hanya itu, mengikuti beberapa acara seminar atau talk show juga dapat membantu untuk menumbuhkan serta menjaga motivasi dalam diri kita. Saat mengikuti seminar maupun talk show, kita dapat bertemu bahkan bertanya kepada orang-orang yang telah menjadi ahli maupun suskses di bidangnya.

Sehingga secara tidak langsung dapat merangsang semangat, gairah serta menumbuhkan motivasi dalam diri kita. Tidak hanya itu, bonus ilmu pengetahuan baru juga dapat kita peroleh melalui seminar atau talk show ini.

Hal terakhir dan menjadi hal yang pokok yaitu menjaga kesehatan rohani. Kesehatan rohani berkaitan dengan kondisi psikologis seseorang. Kemudian, kondisi psikologis seseorang berkaitan erat dengan naik turunnya motivasi. Mendekatkan diri kepada-Nya merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan rohani seseorang.

Melalui hal tersebut, ketenangan serta optimisme dapat kita dapatkan. Sehingga motivasi dapat kembali kita tumbuhkan. Dari beberapa hal diatas, dapat diketahui jika motivasi mengambil peran penting dalam tahap pencapaian mimpi atau cita-cita seseorang. Motivasi seperti fondasi dari sebuah bangunan yang terdiri dari beberapa komponen.

Komponen-komponen tersebut memiliki andil besar yang menentukan kuat atau tidaknya fondasi motivasi dalam diri seseorang. Saat fondasi telah kokoh, bangunan diatasnya juga akan kuat. Begitu pun dengan motivasi. Saat kita memiliki motivasi yang kuat, bangunan mimpi atau cita-cita kita pun akan berdiri kokoh diatasnya.

motivasi

motivasihidup

motivasihidup


Artikel yang berjudul “Kenapa Motivasi Hidup Sangat Penting? Ketahui Alasannya” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment